Sabtu, 14 Mei 2011

Sosial Kontrol Masyarakat dan LSM

Membantu Kinerja Dinas PU 
Kota Pontianak


Pembangunan di Provinsi Kalimantan Barat khususnya di Kota Pontianak dalam beberapa waktu belakangan ini mengalami perkembangan. Insfratruktur, sarana dan prasarana sudah mulai dapat di realisasikan pemerintah.
Meskipun begitu, permasalahan menyangkut proses pelaksanaan proyek-proyek hingga hasil akhirnya masih ada yang belum maksimal.
"Kita harapkan masyarakat, LSM, dan DPD Aliansi Wartawan Indonesia (AWI) Kalbar fokus mengawasi pelaksanaan proyek-proyek yang ditubuh pemerintahan, karena ini untuk kepentingan pembangunan." kata Kepala Dinas PU Kota Pontianak, Ir. Edi Rusdi Kamtono, MM beberapa waktu lalu.
Edi mengatakan, Dinas PU Kota Pontianak tetap akan mengawasi dalam rangka pencegahan ketidak profesional pelaksana (kontraktor) dalam suatu kegiatan proyek khususnya di tubuh Dinas PU Kota Pontianak.
“Kita akan memberikan masukan-masukan. Dan ikutilah tahapan yang ada. Misalnya, proyek harus sesuai teknis (bestek) dan mengikuti tender secara elektronik yang tujuannya agar masyarakat juga bisa memantau." ungkap Edi.
“Kami sangat berterima kasih kepada LSM, Ormas dan Masyarakat khususnya Tim Investigasi DPD AWI Kalbar yang selama ini aktif memberikan masukan dan koreksi terhadap proyek-proyek yang dinilai kurang maksimal di laksanakan pelaksana (kontraktor). “ kata Pak Edi di ruang kerjanya kepada Integritas.
Pemerintah dalam mewujudkan pembangunan tidak akan lancar tanpa bantuan-bantuan dari pihak lain. Koreksi dari pihak-pihak LSM, Ormas dan Masyarakat yang diterima atas salah-satu proyek merupakan bentuk kerjasama untuk menciptakan pembangunan yang tepat dan efektif, karena ini menyangkut uang Negara.
Tak jarang apabila Kepala Dinas PU Kota Pontianak memanggil pelaksana (kontraktor) yang dalam pengerjaan suatu kegiatan proyek kurang maskimal dan seterusnya meminta kepada mereka untuk segera melakukan perbaikan.
“Pelaksana harus bertanggung jawab atas profesionalitas kinerja mereka, karena proyek itu di danai dari uang Negara yang bersumber dari rakyat. Kami juga mempunyai tanggung jawab dan setiap hasil akhir proyek akan kami evaluasi dan selanjutnya masuk dalam laporan kegiatan kami. “ terang Edi.  
Edi menambahkan, bahwa kerjasama dengan beberapa LSM, Masyarakat dan Media Cetak selama ini cukup membantu kinerja Dinas PU Kota Pontianak dalam memantau proses pembangunan yang ada khususnya di Kota Pontianak dan berharap kerjasama yang sudah sejak lama terjalin ini akan dapat ditingkatakan lebih baik lagi. (**)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar