Senin, 23 Mei 2011

Persoalan Ruang Kantor Bisa Belakangan

Sarana & Prasarana Pendidikan
Adalah Yang Utama

Frans Randus, Kadis Pendidikan KKR
Memperoleh pendidikan adalah hak setiap anak bangsa, baik itu dari kalangan miskin maupun kaya. Undang-Undang sudah menjamin hak itu dan pemerintah baik dari pusat hingga daerah berkewajiban untuk memenuhi hak-hak warga negara tersebut.
Hal ini berarti tidak ada alasan apapun yang membenarkan masih adanya anak usia sekolah yang tidak memerolah pendidikan. Baik itu alasan krisis ekonomi, rendahnya minat belajar, atau minimnya sarana dan prasarana.
Bagi Bupati Kabupaten Kubu Raya (KKR), Muda Mahendrawan, yang paling penting harus diselenggarakan oleh pemerintah adalah memenuhi layanan pendidikan tersebut. Soal sarana dan prasarana instansi dinas-dinas bisa dipenuhi secara bertahap (belakangan).
Penuturan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kubu Raya, Frans Randus, setuju dengan apa yang menjadi salah satu perioritas Pemkab Kubu Raya. Dunia Pendidikan, sarana serta prasarananya memang sangat perlu, mengingat KKR ini masih berada dalam proses pengembangan dan salah satunya pengembangan SDA yang berkompeten, cerdas dan berkualitas.
Ketika Integritas bertanya apa tantangan dan pembenahan yang masih harus dikejar.? Frans menjawab ada dua hal yang penting untuk diperhatikan dalam membangun pendidikan di KKR ini.
“ Pertama menyelaraskan pola pengelolaan atau manajemen lembaga pendidikan, dan kedua pada penguatan kualifikasi sumber daya manusia terutama para guru. Bukan berarti aspek lain kurang penting untuk ditingkatkan namun secara riil dua hal itu yang harus mendapat perhatian serius. “ ungkap Frans.
Kunci untuk mendapatkan hasil maksimal yang efektif dan efisien itu adalah komunikasi insentif antara lembaga pendidikan dan juga para pengelola. Dalam hal pengelolaan pendidikan misalnya, masyarakat memiliki keberdayaan yang tinggi untuk menyelenggarakan dan di sisi lain pemerintah juga memegang tanggung jawab untuk memberikan pelayanan pendidikan.
Terkait dengan peningkatan kualitas SDM, Frans mengatakan bahwa secara nasional dalam sistem pendidikan kita sudah memberi pedoman jelas untuk meningkatkan kualifikasi guru dengan memberikan sertifikasi dan beasiswa untuk melanjutkan jenjang pendidikannya.
“ Namun karena ini di tingkat daerah, pelaksanaannya harus disesuaikan dengan kondisi setempat, kita patut bersyukur meski di satu sisi kita terus membenahi kualifikasi guru, di sisi lain guru dan pendidik juga mendapat kepercayaan untuk memberi pelatihan di wilayah lain.” terang Frans kepada Integritas di ruangannya.
Mungkin ini lah salah satu alasan mengapa untuk realisasi pembenahan kantor-kantor dinas dan instansi yang ada di KKR masih terbatas. Seperti yang terjadi di kantor Disdik KKR yang terletak di Jalan Adisucipto, Sungai Raya. Saat jam kerja (23/05) lantai 2 (dua) tepatnya didepan ruangan Kadis, dipadati dengan belasan orang (Tenaga Pendidik) yang sibuk mengurus surat sertifikasi dan beasiswa.
“Demi kepentingan pendidikan di KKR, pemkab sepertinya masih belum terpikirkan untuk segera memaksimalkan (pembenahan) kantor dinas pendidikan ini, “ ungkap salah satu guru yang meng-antri untuk mengurus sertifikasinya.
Jepretan kamera dari wartawan Integritas disambut dengan harapan dari Bu Farida yang menginginkan adanya pembenahan kantor Disdik KKR ini.
“Meskipun kesannya ruangan ini terasa padat, tapi sistem kepengurusan surat-surat dari staf-staf Disdik sangat baik, cepat dan tepat dengan kata lain tidak asal-asalan, “ ungkap Bu Farida.
Frans mengatakan bahwa peristiwa ini terjadi hanya ketika ada kegiatan (urusan) yang waktunya bersamaan.
“Kebetulan hari ini, para tenaga pendidik sibuk mengurusi surat sertifikasi dan pengajuan beasiswa, jadi harap maklum saja apabila kesannya tidak beraturan. Namun itu tidak menjadi hambatan Disdik KKR untuk percepatan proses kepengurusan administrasi dan lainnya. “ ungkap Frans.
Frans beserta seluruh staf memohon maaf apabila terdapat pelayanan dari Disdik KKR yang kurang masksimal.
“Ini karena kita (Pemkab) masih ada urusan yang harus diutamakan dan untuk melakukan pembenahan dan pembangunan kantor-kantor dinas yang ada akan direalisasikan bertahap. Semoga saja bisa cepat direalisasikan sehingga pembangunan KKR bisa lebih efektif, efisien dan maksimal. “ kata Frans mengakhiri wawancaranya dengan Integritas. (**)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar